Sunday 24 April 2016

Membuat Library EAGLE Sendiri (PART 2)

Contents

PREVIOUS


Nah artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya. Di sini akan dibahas bagai mana membuat SYMBOL dan DEVICE. Langkah-langkah sebelumnya jangan lupa di SAVE ya.

MEMBUAT SYMBOL

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat SYMBOL:
  • KLIK DEVICE (dtandai warna kuning)
    lalu masukan nama yang sama dengan waktu membuat PACKAGE yaitu RELLAY. Klik YES ketika muncul peringatan sampai muncul jendela baru seperti yang terlihat di Gambar 1.
Jendela Pembuatan Symbol
  • Gambar Schematic yang ada di datasheet di sini. Coba perhatikan Gambar berikut. Ada tiga tools yang menurut saya paling penting (WIRE untuk menggambar simbol komponen, PIN untuk membuat pemetaan KAKI-KAKI komponen, dan NAME untuk pengalamatan PIN.)

  • Jika simbol RELAY sudah jadi dan setiap PIN sudah diberi nama kita aka lanjut ke langkah berikutnya. Yaitu MEMBUAT DEVICE.

MEMBUAT DEVICE



  • Klik DEVICE sehingga muncul tab seperti di bawah ini.

  • Kemudian Klik OK sehingga muncul jendela seperti di bawah ini.

  • Setelah itu kita klik "add symbol" lalu tekan OK.

  • Kemudian klik "new" untuk menambahkan PACKAGE lihat gambar sebelum yang di atas. Sehingga akan muncul jendela seperti di bawah ini.


  • Nah setelah melakukan semua hal di atas, langkah selanjutnya adalah dengan meng-Klik "connect" di bagian pojok kanan bawah. Sehingga akan muncul tab baru seperti yang ditunjukan pada gambar di bawah ini.

  • Klik "connect" 5 kali atau sebanyak PIN yang akan dihubungkan antara symbol dan package.

  • Langkah terakhir adalah Klik OK.

SELAMAT, kita telah berhasil membuat sebuah library sendiri. Jangan lupa SAVE. Untuk menggunakkan library yang telah kita buat. Copy kan dulu file RELLAY.lbr -nya ke file library eagle. ^^

Selamat mencoba. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan hubungi saja. Semoga membantu.

2 comments:

  1. If you're trying to lose pounds then you certainly need to try this totally brand new tailor-made keto diet.

    To design this service, licensed nutritionists, fitness trainers, and chefs united to develop keto meal plans that are useful, suitable, price-efficient, and fun.

    Since their launch in January 2019, thousands of individuals have already completely transformed their figure and health with the benefits a certified keto diet can provide.

    Speaking of benefits: in this link, you'll discover 8 scientifically-proven ones provided by the keto diet.

    ReplyDelete
  2. Terimakasih sangat membantu....

    ReplyDelete